25 Jan 2017

DINAS PENIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI SULBAR PERSIAPKAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar  melakukan persiapan tentang ujian Nasional dan Ujian Nasional berbasis komputer, hal ini disampaikan sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebuayaan Sulbar, Suardi Mappeabang diruang kerjanya, Selasa (24/1) 2017. Dijelaskan Suardi Persiapan ini telah dilaporkan kepada gubernur Provinsi Sulbar sesuai UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional dan Permen Nomor 13 tahun 2015 tentang perubahan Permen Nomor 19 tahun 2005  tentang standar Nasional Pendidikan serta edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 1 tahun 2017 tentang pelaksanaan Ujian Nasional tahun ajaran 2016/2017.
Pelaksanaan ujian nasional ini akan melibatkan sebagai panitia pelaksanaan ujian tingkat Provinsi  adalah gubernur Sulbar,Dinas pendidikan dan kebudayaan Sulbar, Universitas Sulbar, Kanwil Depag Sulbar,Dewan Pendidikan Sulbar dan lembaga penjamin mutu pendidikan Provinsi Sulbar. Sedangkan panitia tingkat kabupaten akan melibatkan bupati, diknas kabupaten dewan pendidikan kabupaten,kanwil depag kabupaten dan  LPMP Provinsi, untuk panitia ujian nasional satuan pendidikan akan melibatkan terdiri dari unsur kepala sekolah, guru,pengawas ruang,petugas kepolisian dalam melakukan pengamanan dokumen ujian nasional berbasis kertas, ujar Suardi.    

Sedangkan untuk prasarana ujian nasional akan dilaksanakan dengan dua cara yaitu ujian berbasis komputer dan ujian berbasis kertas. Pelaksanaan ujian nasional menurut Suardi diprioritaskan berbasis komputer dengan ketentuan bahwa sekolah memiliki 20 unit komputer dan satu unit server dan bagi sekolah yang tidak memiliki komputer sesuai syarat minimal, dapat mengikuti UNBK pada sekolah yang memenuhi syarat pada jarak maksimal lima kilo meter dari sekolah tersebut. Sehingga dibutuhkan fasilitas kompuetr,server,listrik dan jaringan telkom online,terang Suardi.
Walaupun masih ada kendala seperti kurang sarana komputer namun itu tidak akan mempegaruhi kualitas pelaksanaan ujian nasional, kami tetap berkoordinasi dengan pihak pihak terkait tentang kendala yang ada ada. Sehingga diharapkan ujian nasional berbasis komputer tahun ini dapat mengalami peningkatan persentasi secara signifikan  
Dijelaskan lagi untuk data sementara bagi siswa yang akan mengikuti ujian Nasional disampaikan Suardi untuk Tingkat SMA se Provinsi Sulbar total keseluruhan yakni 25.382 siswa dan Siswi  dan untuk tingkat SMK se Provinsi Sulbar sebanyak 24.821 siswa..

Read 438 times
(0 votes)